@thesis{thesis, author={Dhea Kurniawati 145000068}, title ={EFEKTIFITAS STRATEGI SELF MANAGEMENT DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP DISIPILIN BELAJAR SISWA SMA MAARIF NU BENJENG}, year={2021}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/950/}, abstract={Kurniawati, Dhea. 2021. Efektifitas Strategi Self Managemnet dalam Konseling Kelompok terhadap Disiplin Belajar Siswa SMA Maarif NU Benjeng.Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Dr. Mudhar., S.Psi., M.Psi. Kata kunci : Disiplin Belajar siswa, Konseling Kelompok strategi Self Management Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Kesidiplinan belajar yang merupakan persoalan terpenting dalam proses pembelajaran. Tanpa disiplin belajar siswa kurang dalam mengatur prilakunya sendiri. Permasalahan yang terjadi di SMA Maarif NU Benjeng, khususnya kelas XI adalah disiplin belajar yang rendah. Perilaku kurangnya disiplin belajar ditandai seperti tidak mengisi absensi secara online, terlambat mengumpulkan tugas, acuh terhadap materi, mengobrol saat pembelajaran daring berlangsung, malas mencatat. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui efektifitas penerapan konseling kelompok strategi self manajement dalam mengatasi displin belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre eksperimen dengan mengunakan one group pretest-posttest design. subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Maarif NU Benjeng dengan jumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan menggunakan alat penilaian berupa lembar questioner disiplin belajar siswa. Mengunakan metode analisis statistic dengan rumusan yang digunkaan adalah T-tes yang sesuai dengan judul penelitian yaitu efektifitas strategi self management dalam konseling kelompok terhadap disiplin belajar siswa SMA Maarif NU Benjeng. vi Berdasarkan hasil paired sampel test menggunkan aplikasi SPSS versi 28 hasil penelitian menunjukkan bahwa T hitung (-6,957) < T tabel (1,943), maka Ho di tolak dan Ha diterima. Dengan nilai P(2- tailed) <0,001 yg berarti lebih kecil dari pada nilai kritik 0,05 (0,001 <0,05), maka dinyatakan ada hubungan yang signifikan. berarti dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan strategi self management efektif untuk meningkatkan disiplin belajar siswa SMA Maarif NU Benjeng} }