@thesis{thesis, author={CAHYANTO FEBRI NUR}, title ={HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PKN KELAS VII DI SMP NEGERI 22 SURABAY}, year={2020}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/96/}, abstract={Cahyanto, Febri Nur. 2020. Hubungan Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Hasil Belajar PKn Kelas VII di SMP Negeri 22 Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Suhartono, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar PKn Banyak orang yang berpendapat bahwa untuk meraih prestasi yang tinggi dalam belajar, seseorang harus memiliki mental yang tinggi, karena mental merupakan bekal kekuatan yang akan memudahkan dalam belajar dan pada saatnya akan menghasilkan prestasi belajar yang bagus. Maka penulis mengadakan penelitian dengan tujuan, untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar PKn siswa kelas VII SMPN 22 Surabaya. Pada penelitian ini terdapat dua fokus penelitian yang terdiri dari: 1) adakah hubungan kecerdasan emosional siswa serta terhadap hasil belajar PKn di kelas VII SMP Negeri 22 surabaya, 2) bagaimanakah hubungan kecerdasan emosional siswa serta terhadap hasil belajar PKn di kelas VII SMP Negeri 22 Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 22 Surabaya dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu angket, tes dan dokumentasi Hasil perhitungan dan penelitian Hubungan Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Hasil Belajar PKn Kelas VII di SMP Negeri 22 Surabaya di dapatkan nilai r hitung sebesar 0,9558 dengan taraf signifikan 5% (? = 0.05) diperoleh nilai r table sebesar 0,367. Dengan demikian r hitung lebih besar dari r table atau 0,9558 > 0,367. Artinya ada hubungan yang positif anatara kecerdasan emosional dengan hasil belajar PKn.} }