@thesis{thesis, author={Widhiyanti Pitria Indra}, title ={PENGARUH KEGIATAN BERMAIN GEOMETRI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA PERSATUAN MENUNGGAL KEDAMEAN GRESIK TAHUN PELAJARAN 2020/2021}, year={2021}, url={https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/976/}, abstract={Indra, Pitria W. 2021. Pengaruh Kegiatan Bermain Geometri Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Anak Kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Menunggal Kedamean Gresik Tahun Pelajaran 2020/2021. Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini. Fakultas Pedagogik dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Drs. A. Fachrurrazi, M.Pd. Pembimbing (2) Titah Kinasih, S.S., S.Pd., M.Si. Kata Kunci: mengenal bentuk, geometri, kognitif Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalah yang ditemui di TK Dharma Wanita Persatuan Menunggal Kedamean Gresik bahwa kemampuan anak dalam mengenal bentu-bentuk geometri belum berkembang dengan baik, disebabkan oleh penggunaan media dalam proses pembelajaran masih kurang, guru hanya menggunakan majalah (buku belajar siswa) dalam pembelajaran. Selain itu, guru hanya menggunakan media papan tulis dan papan tulis dan gambar macammacam bentuk geometri, serta pengalaman bentuk geometri kurang dilakukan dengan kegiatan bermain. Tujuan penelitian untuk mengetahui kegiatan bermain geometri berpengaruh terhadap kemampuan mengenal bentuk pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Menunggal Kedamean Gresik tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dalam klasifikasi pre eksperimen dengan menggunakan one group pretestposttes design. Subjek penelitian adalah anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Menunggal Kedamean Gresik dengan jumlah 15 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan menggunakan alat penelitian berupa lembar observasi serta dokumentasi. Menggunakan metode analisis statistik dengan rumusan yang digunakan adalah Uji t yang sesuai dengan judul penelitian yaitu Pengaruh Kegiatan Bermain Geometri Terhadap xv Kemampuan Mengenal Bentuk Anak Kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Menunggal Kedamean Gresik Tahun Pelajaran 2020/2021. Teknik analisis data menggunakan Uji t. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai t hitung = 21,52 dan t tabel 1.76131 untu taraf signifikasi 0,05, dan 2.62449 untuk taraf signifikasi 0,01. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai t(hit) > t(table), karena nilai t tabel lebih kecil daripada t hitung maka Hipotesis Nol (H0) ditolak dan Hipotesis Kerja (H1) diterima. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain geometri berpengaruh terhadap kemampuan mengenal bentuk anak kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Menunggal Kedamean Gresik.} }