@thesis{thesis, author={Fatimah Siti}, title ={PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TEHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PDAM IKK SENGAYAM KABUPATEN KOTABARU}, year={2019}, url={http://repository.uniska-bjm.ac.id/726/}, abstract={Strategi dan teknik penjualan yang bagus merupakan sebuah prinsip bagi perusahaan ketika menjual produknya sehingga barang atau jasa yang ditawarkannya dapat terjual dengan baik. Adapun salah satu teknik penjualan yang dimaksud adalah terkait dengan bagaimana dan seberapa tinggi kualitas pelayanan yang diberikan terhadap kepuasan konsumen/pelanggan. Kualitas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan adalah merupakan kinerja terpenting perusahaan bagi kepuasan konsumen/pelanggan. PDAM IKK Sengayam harus memperhatikan hal-hal penting bagi konsumen, supaya konsumen merasakan kepuasan sebagaimana yang diharapkan. Kualitas Pelayanan PDAM IKK Sengayam yang diharapkan pelanggan pada PDAM IKK Sengayam dinilai sangat penting, dilihat dari nilai rata-rata keseluruhan pernyataan. Kepuasan pelanggan IKK Sengayam yang diharapkan konsumen pada PDAM IKK Sengayam dapat dinyatakan puas, berdasarkan nilai rata-rata keseluruhan pernyataannya. Berdasarkan hasil perhitungan statistik hasil uji validitas menunjukan bahwa nilai korelasi tiap item pernyataan dengan total skor yang diperoleh lebih besar dari 0.206 sehingga dapat disimpulkan bahwa item pernyataan yang digunakan adalah valid, dan dapat di lanjutkan pada penelitian berikutnya. Berdaarkan hasil table Anova diketahui nilai signifikansi untuk pengaruh variabel X1, X2, X3, X4, dan X5 secara simultas terhadap variable Y adalah sebesar 0,000 < 0.05 dan nilai Fhitung 8,291 > Ftabel 2,32, sehingga dapat disimpulkan bahwa Hipotesis yang diterimayang berarti terdapat pengaruh. Hal ini menunjukkan kualitas pelayanan PDAM IKK Sengayam berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, sehingga hipotesis yang diajukan bahwa jika kualitas pelayanan semakin baik, maka kepuasan konsumen pun semakin tinggi, dapat diterima.} }