@thesis{thesis, author={KUMALA RITA}, title ={STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI SISWA ( Studi Kasus di Madrasah Aliyah Al-Falah Klender Jakarta Timur)}, year={2022}, url={http://repository.unismabekasi.ac.id/1349/}, abstract={ABSTRAK STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI SISWA (Studikasus di Madrasah Aliyah Al FalahKlender Jakarta Timur) Rita Kumala Mahasiswa Program Studi Magister PendidikanAgama Islam Penelitian ini dilatar belakangi pada Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Pembentukan Karakter Mandiri Siswa. Karakter siswa akan terbentuk dari pembiasaan pembiasaan yang didapatkannya di sekolah dan dirumah untuk itu diperlukan kerjasama yang baik antara guru dan orang tua agar terjadinya interpretasi antara pembiasaan yang dilakukan oleh guru dan orang tua. Guru memiliki peran penting serta sangat menentukan hasil dari pendidikan karakter pada siswa. Karakter siswa akan sangat baik jika dibina sejak dini tidak hanya pembentukan karakter mandiri tetapi karakter ? karakter yang lainnya sehingga akan tercetak generasi unggul yang siap menghadapi perubahan zaman. Sikap kemandirian pada siswa di sekolah cendekia berseri yaitu sudah berkembang sangat baik dan guru yang konsisten dan tegas dalam mengarahkan anak didiknya untuk melakukan kegiatannya sendiri tanpa bantuan orang lain melalui pembiasaan yang setiap harinya dilakukan dikelas. Hal tersebut yang menjadikan anak mandiri dalam melakukan tugasnya sendiri. Perkembangan karakter mandiri siswa akan terbentuk sesuai stimulasi yang didapatkannya dalam lingkungan sekolah maupun lingkungan rumah, untuk itu peran guru tidak lepas dari tumbuh kembang anak. Kata kunci : Strategi Guru-Guru Pendidikan Agama Islam Karakter Mandiri Siswa} }