@thesis{thesis, author={Ramadhania Rafikha Desta}, title ={Pendidikan Karakter Dalam Kitab Jawi Adabul Insan Dan Relevansinya Di Era 4.0}, year={2022}, url={http://repository.unismabekasi.ac.id/1553/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui konsep pendidikan karakter dalam kitab jawi Adabul Insan dan relevansinya di era 4.0. Penelitian ini dilatarbelakangi karena maraknya pergaulan yang tidak adanya aturan seperti tidak hormat dengan guru, pergaulan bebas, menonton video yang tidak senonoh, dan lain sebagainya. Kitab jawi Adabul Insan merupakan salah satu kitab yang di dalamnya terdapat berbagai macam konsep yang menjelaskan tentang pendidikan karakter, sehingga kitab ini bisa menjadi sumber kajian untuk menggali hal tersebut. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana profil Sayyid Utsman bin Abdullah bin Aqil bin Yahya? 2) Bagaimana latar belakang penulisan kitab jawi Adabul Insan? 3) Bagaimana pendidikan karakter di kitab jawi Adabul Insan? 4) Seperti apa relevansi pendidikan karakter Adabul Insan di Era 4.0?. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library Research) dengan memanfaatkan kepustakaan dalam memperoleh data. Serta menggunakan metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Sayyid Utsman bin Abdullah bin Aqil bin Yahya dalam kitabnya Adabul Insan ini menjelaskan komponen-komponen pendidikan karakter yakni, menumbuhkan fondasi ketakwaannya, kecerdasan yang sempurna yakni pikiran yang baik, dari ajaran guru yang ajarannya benar dalam kitab-kitab mu?tamad dan buku-buku yang dipercaya, dari bercampurnya dengan orang baik sampai dia bisa berperilaku sendiri, dan dari ilmu yang ia cari. Pendidikan karakter di kitab Adabul Insan juga masih relevan di era 4.0 ini, keterkaitan tersebut untuk menyiapkan peserta didik dalam menghadapi dinamika perubahan di masa depan.} }