@thesis{thesis, author={Royani Ide}, title ={METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR}, year={2022}, url={http://repository.unismabekasi.ac.id/1621/}, abstract={Penelitian ini di dasari oleh untuk mengkaji penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA sekolah dasar. Bertujuan untuk dapat mengetahui dan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar pembelajaran IPA di sekolah dasar dengan menggunakan metode demonstrasi. Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar masih sangat rendah yaitu aktivitas mental, fisik dan emosional. Diketahui bahwa aktivitas siswa ini siswa masih banyak yang kurang aktif dalam bertanya kepada guru karena mereka malu untuk bertanya, siswa hanya duduk diam saja dibangku, siswa hanya mendengarkan penjelasan guru, dan siswa hanya diperintahkan untuk mengerjakan soal-soal latihan saja tidak ada interaksi antara siswa dengan siswa lainnya dan siswa tidak percaya diri dalam berbicara didepan kelas. Penelitian yang digunakan adalah Metode Peninjauan Sistematis Literature Review. Systematic literature review (SLR) atau tinjauan pustaka sistematis adalah metode literature review yang mengidentifikasi, menilai, dan menginterprestasi seluruh temuan-temuan pada suatu topik penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah Sistematis Literature Review dari 8 jurnal pada tahun 2012-2022 siswa sekolah dasar. Penggunaan metode demonstrasi untuk meningkatkan aktivitabelajar siswa dapat disimpulkan dari beberapa jurnal yang telah dianalisis atau di review dalam pembahasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa yaitu metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan cocok digunakan dalam pembelajaran IPA dan membawa dampak yang positif bagi semua siswa nilai yang dimiliki siswa semua rata-rata bagus. Melalui metode ini dapat perubahan tingkah laku bagi semua siswa dan pembelajaran dapat dipahami dan dimengerti. Rekomendasi dari saya yaitu membuat kelompok dengan tidak ditunjuk atau memilih sendiri teman kelompoknya tetapi saya buatkan sendiri dengan menggunakan kertas yang ditulis dan dilipat yang sesuai dengan materi yang dipelajari yaitu misalkan materinya binatang-binatang lalu siswa mengambil kertas tersebut dan apa yang didapatkan itu berarti kelompok belajar mereka.} }