@thesis{thesis, author={Hasanah Isnaini}, title ={OPTIMALISASI PONDOK PESANTREN MODERN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ARAB SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM KOPOSARI CILEUNGSI}, year={2022}, url={http://repository.unismabekasi.ac.id/1695/}, abstract={Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui cara optimalisasi Pondok Pesantren Modern Daarussalam Koposari Cileungsi dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Arab kepada santri. Penelitian ini dilakukan melalui teknik analisis dari data yang telah peneliti dapatkan selama melakukan kegiatan penelitian. Peneliti berupaya menjelaskan juga memaparkan secara rasional, objektif dengan tujuan dan masalah penelitian yang ada. Metode yang peneliti gunakan pada penelitian ini adalah dengan pendekantan kualitatif, yaitu penelitian yang dihasilkan dari data deksripsi berupa penjelasan tertulis maupun lisan dari subjek yang diamati. Data dalam penelitian ini adalah data yang berwujud wawancara, observasi, studi dokumentasi. Dari data yang telah didapati tersebut kemudian diproses melalui pencatatan, pengetikan, penyuntingan data, dan analisis dengan menggunakan kata-kata yang disusun ke dalam teks yang diperluas. Berdasarkan data yang berhasil peneliti kumpulkan, bahwa Pondok Pesantren Modern Daarussalam Koposari Cileungsi ini berdiri sebagai pondok pesantren modern pada pertengahan tahun 2015. Bagian bahasa pondok di koordinatori oleh Ustadz dan Ustadzah sebagai pemandu penerapan, pengawasan, kedisiplinan santri dalam menjalani program bahasa. Adapun koordinator tersebut berada di bahwah tanggung jawab Qismutta?lim Watarbiyah pondok pesantren. Cara pengoptimalisasi pondok pesantren ini dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Arab santri yakni dengan program yang berjangka, seperti adanya program harian, mingguan, bulanan juga tahunan. Kegiatan dalam program tersebut seperti; 1)Memberikan kosakata Bahasa Arab kepada santri di setiap jadwal yang sudah ditentukan oleh Qismuta?lim Watarbiyah, 2)Mengontrol pembelajaran Mufrodat, Muhadatsah, Muhadhoroh dan les sore, 3)Memberi bimbingan dalam berpidato Bahasa, 4)Memastikan santri beribicara Bahasa Arab di lingkungan Pondok, 5)Mengadakan ishlah atau membenarkan santri jika ada salah pengucapan kosakata Bahasa Arab, 6)Mengecek kutaib bahasa santri ketika pembagian mufrodat,7)Memberi penghargaan kepada santri yang menjadi teladan dalam berbahasa, 8)Memberikan sanksi kepada santri yang melanggar peraturan program bahasa sesuai point yang dilanggarnya.Upaya lain yang disesiakan oleh bagian bahasa pondok dalam meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Arab santri ialah menyediakan papan kosa kata di sesuai benda atau ruangan sebagai pendukung bagi santri untuk mengingat kosakata.} }