@thesis{thesis, author={Kurnia Novi Indah}, title ={Gambaran Efektivitas Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa SD Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia}, year={2022}, url={http://repository.unismabekasi.ac.id/256/}, abstract={Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa SD. Hal ini dapat dilihat dalam pembelajaran guru lebih sering menggunakan metode konvensional atau ceramah. Hal tersebut menjadikan pembelajaran tidak efektif dan kurang terjadinya interaksi antara guru dan siswa. Akibatnya siswa menjadi kurang akif dan berpikir bahwa kegiatan belajar menjadi hal yang membosankan, kurang menarik, dan pembelajaran sulit untuk dipahami yaitu siswa kesulitan menentukan ide pokok, kesulitan menangkap makna, kesulitan membuat kesimpulan dan kesulitan menyampaikan kembali isi teks bacaan menggunakan bahasanya sendiri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran efektivitas metode SQ3R terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa SD. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR). Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan artikel ilmiah berdasarkan kriteria inklusi, sehingga diperoleh 20 artikel ilmiah untuk dianalisis. Terdapat 17 artikel (PTK) , 2 Eksperimen, dan 1 Deskriptif Kualitatif. Dan jika dilihat dari artikel, yang paling banyak melakukan penelitian berada di kelas tinggi yaitu VI dan V. Semua artikel yang telah direview 100% mengalami peningkatan keterampilan membaca pemahaman.} }