@thesis{thesis, author={Fauziyah Huwaida Nur}, title ={Efektivitas Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar}, year={2022}, url={http://repository.unismabekasi.ac.id/265/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Efektifitas Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) sebagai solusi untuk meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Berdasarkan bahan kajian jurnal, diperoleh beberapa permasalahan rendahnya hasil belajar IPA Siswa sekolah dasar yaitu Pembelajaran yang belum sepenuhnya mengaktifkan aktivitas belajar siswa akan berpengaruh terhadap hasil belajar yang mereka dapatkan. Salah satunya disebabkan oleh permasalahan guru masih menerapkan aturan menghafal materi sehingga siswa cenderung untuk menghafal materi IPA sedangkan pembelajaran IPA sendiri tidak semata-mata hanya berdasarkan pada teori pembelajaran, tetapi justru lebih menekankan pada pembentukan keterampilan untuk memperoleh pengetahuan. Model Sains Teknologi Masyarakat (STM) merupakan model inovatif dalam suatu pembelajaran dan menjadi solusi permasalaham dalam hasil belajar IPA. Metode STM membuat siswa terlatih untuk membiasakan diri bersikap peduli akan masalah-masalah sosial yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR), penelitian ini dilakukan dengan cara pengumpulan data yaitu identifikasi masalah,pencarian data, Screening, Ekstrasi dan Review data sesuai variabel penelitian. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 8 jurnal terakhir (2013-2021) yang memiliki kriteria inklusi jurnal bereputasi SINTA 1-6 , Jurnal berbahasa Indonesia, Jurnal untuk tingkatan Sekolah dasar, Mata pelajaran IPA. Berdasarkan hasil analisis 24 jurnal penelitian model Sains Teknologi Masyarakat (STM) terdapat 12 jurnal yang menggunakan metode PTK dan 12 Jurnal menggunakan metode Eksperimen. Hal ini menunjukan nilai persentase terendah pada metode PTK yaitu 33,33% dan persentase tertinggi mencapai 100%. Pada metode Eksperimen data terendah dalam pretest 48,67% dan data tertinggi Postest 74,50%. Hal ini menunjukan bahwa model Sains Teknologi Masyarakat dapat menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna karena siswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Model Sains Teknologi Masyarakat (STM), Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Sekolah Dasar.} }