@thesis{thesis, author={Rahmawati Riski}, title ={MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR}, year={2022}, url={http://repository.unismabekasi.ac.id/764/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi, serta rendahnya hasil belajar IPA siswa sekolah dasar sehingga pembelajaran kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengetahui gambaran dari penggunaan model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Systematic Literature Review (SLR). Penelitian dilakukan dengan cara mengumpulkan data jurnal penelitian atau artikel ilmiah yang berkaitan dengan penggunaan model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal yang digunakan dalam penelitian ini memiliki kriteria, yaitu 8 tahun terakhir dari tahun 2014-2022. Berdasarkan hasil kajian literatur yang sudah dilakukan, penggunaan model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Pada bahan kajiannya dilihat dari metodologi penelitian, penerapan kelas bawah dan kelas atas, dan penerapan model Example Non Example berbantuan media dan tidak berbantuan media. Model pembelajaran Example Non Example baik yang berbantuan media maupun tidak berbantuan media sama-sama dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian terdahulu yang menunjukkan rata-rata hasil belajar IPA meningkat dari siklus I ke siklus II maupun pretest dan postest. Indikator ranah kognitif tercapai dalam penerapan model pembelajaran Example Non Example.} }