@thesis{thesis, author={Putri Hanni Rahma}, title ={METODE GENERATING INTERACTION SCHEMATA AND TEXT (GIST) SEBAGAI SOLUSI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR}, year={2022}, url={http://repository.unismabekasi.ac.id/799/}, abstract={Generating Interaction Schemata and Text) terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa SD. Permasalahan utama rendahnya kemampuan membaca pemahaman yang terjadi pada siwa sekolah dasar, yaitu (1) Hal ini terlihat dari masih banyaknya siswa yang belum mampu memahami isi bacaan karena sulitnya menemukan ide pokok paragraf. (2) Sebagian banyak siswa masih belum mampu memahami isi suatu teks bacaan. (3) Masih banyak siswa kesulitan dalam menyusun rangkuman isi bacaan, dan kelemahan menyimpulkan isi bacaan dari suatu teks isi bahan bacaan. (4) lemahnya guru pemahaman siswa dalam suatu teks bacaan serta proses pembelajaran membaca pemahaman yang dilaksanakan masih menggunakan metode pembelajaran yang kurang inovatif. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Systematic Literature Riview (SLR), Dengan merujuk pada kiteria inklusi yang telah penulis tetapkan : a) Terindeks oleh database Goggle Scholar, Academia Edu, Reserch Gate, b) Jurnal penelitian dipublikasikan pada rentang tahun 2012-2022, c) Pelajaran Bahasa Indonesia, d) dengan subyek sisa sekolah dasar, 5) jurnal yang menjadi sumber referensi harus bisa diakses, e) Jurnal yang memuat tentang gambaran metode Generating Interaction Schemata and Text (GIST). Berdasarkan hasil dan pembahasan disimpulkan bahwa dengan mengggunakan metode Generating Interaction Schemata and Text (GIST) dapat menciptakan suasa belajar siswa lebih aktif khususnya dalam keterampilan membaca pemahan dan mengungkapan intisari suatu paragraf sehingga tujuan pembelajaran pun tercapai. Adapun rekomendasi yang ditawarkan oleh penulis, untuk guru dikelas yaitu dengan menggunakan metode GIST melalui ?media teks cerita anak? sebagai salah satu solusi dalam melakukan pembelajaran membaca pemahaman di kelas. Dengan Langkah - Langkah yaitu : a) Guru menjelaskan kepada siswa sebelum selesai membaca siswa harus menulis ide pokok tiap paragraf dalam satu kalimat yang terdiri atas kurang dari 8-10 kata. (b) siswa membaca paragraf yang pertama dan menulis ide pokok paragraf yang terdiri atas 8-10 kata. (c) siswa menulis ide pokok keseluruhan teks berdasarkan hasil kerjanya atas paragraf demi paragraf dan menyampaikan hasilnya di depan kelas. Kata Kunci : Metode GIST, Kemampuan membaca pemahaman, Siswa Sekolah Dasar} }