@thesis{thesis, author={Aunaya Zun}, title ={PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN METODE MENGILUSTRASIKAN BUKAN MEMBERITAHUKAN DAN MEDIA FILM PENDEK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS X IPA 2 MA MIFTAHUL ULUM WEDING BONANG KABUPATEN DEMAK}, year={2017}, url={http://repository.unissula.ac.id/10104/}, abstract={Kata kunci: Menulis Cerpen, Media Film Pendek, Metode Mengilustrasikan Bukan Memberitahukan, Pendidikan Karakter. Penelitian ini berjudul Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Metode Mengilustrasikan Bukan Memberitahukan dan Media Film Pendek Berbasis Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas X IPA 2 MA Miftahul Ulum Weding Bonang Kabupaten Demak. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah peningkatan keterampilan menulis cerpen dan perubahan peserta didik setelah menggunakan media film pendek dan Metode Mengilustrasikan Bukan Memberitahukan berbasis pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen dengan Metode Mengilustrasikan Bukan Memberitahukan dengan media film pendek berbasis pendidikan karakter pada siswa kelas X IPA 2 MA Miftahul Ulum Weding Bonang Kabupaten Demak, (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis cerpen denganMetode Mengilustrasikan Bukan Memberitahukan dan media film pendek berbasis pendidikan karakterpada siswa kelas X IPA 2 MA Miftahul Ulum Weding Bonang Kabupaten Demak, dan (3) perubahan sikap dan perilaku siswa kelas X IPA 2 MA Miftahul Ulum Weding Bonang Kabupaten Demak setelah mendapat pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan Metode Mengilustrasikan Bukan Memberitahukan dan media film pendek berbasis pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian kualitatif berupa analisis data yang diperoleh dari pengamatan dan wawancara. Semua data yang diambil digunakan untuk menganalisis data kualitatif melalui data nontes. Penelitian kuantitatif berupa analisis nilai secara keseluruhan, dan merekap nilai tes menulis cerpen dengan Metode Mengilustrasikan Bukan Memberitahukan dan media film pendek berbasis pendidikan karakter pada siklus I, siklus II, dan siklus III, kemudian menghitung nilai rata-rata yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan: (1) aspek kesesuaian isi dengan tema film pendek memperoleh rata-rata sebesar 76,25 yang semula 66,11. Aspek kesesuaian alur atau plot memperoleh rata-rata sebesar 77,58 yang semula 65,11. Aspek penggambaran tokoh dan penokohan memperoleh rata-rata sebesar 76,19 yang semula 67,69. Aspek pendeskripsian latar memperoleh rata-rata sebesar 75,63 yang semula 69,22. Aspek penggunaan gaya bahasa memperoleh rata-rata sebesar 72,86 yang semula 66,00. (2) perubahan perilaku siswa yang semula memperoleh rata-rata 66,83 menjadi 75,70.} }