@thesis{thesis, author={Ma’rifah Siti}, title ={KEEFEKTIFAN METODE SUGESTI-IMAJINATIF BERBANTU MEDIA VIDEO “PERJUANGAN IBU” PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS KELAS VIII SMP N 39 SEMARANG}, year={2017}, url={http://repository.unissula.ac.id/10112/}, abstract={Kata Kunci: Menulis Puisi, Metode Sugesti-imajinatif, Media video ?Perjuangan Ibu? Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia pada keterampilan menulis puisi. Keadaan yang demikian mendorong peneliti untuk menerapkan alternatif metode pembelajaran, yaitu menggunakan metode sugesti-imajinatif berbantu media video ?Perjuangan Ibu?. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan, mengetahui perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis puisi bermuatan pendidikan karakter religius dengan menggunakan metode sugesti-imajinatif berbantu media video ?Perjuangan Ibu? dan keterampilan menulis puisi tanpa menggunakan metode sugesti-imajinatif berbantu media video ?Perjuangan Ibu?, dan mendeskripsikan pengaruh pendidikan karakter religius pada pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode sugesti-imajinatif berbantu media video ?Perjuangan Ibu? pada kelas eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan rancangan Posttest-Only Control Desaign. Variabel penelitian ini meliputi variabel terikat berupa keterampilan menulis puisi, sedangkan variabel bebasnya berupa metode ssugesti imajinatif berbantu media video ?Perjuangan Ibu?. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 39 Semarang. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII F dan VIII G masing-masing sebanyak 25 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan pretest menulis puisi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t yang kemudian dilanjutkan dengan uji banding rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa (1) nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dengan demikian Ho ditolak. Hal ini dapat dikatakan bahwa rata-rata keterampilan menulis mencapai ketuntasan KKM 75, (2) hasil Independet Sampel T Test diketahui rata-rata kelas eksperimen sebesar 81,40 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 77,08. Selisih antara rata-rata antara keduanya cukup signifikan yaitu sebesar 4,32, dan (3). Hasil uji linier sederhana diketahui adanya pengaruh nilai pendidikan karakter terhadap keterampilan menulis puisi sebesar 50,5% yang dapat diketahui dari persamaan regresi ? = - 14,020 + 1,177 x. Oleh karena itu metode pembelajaran sigesti-imajinatif berbantu media video ?Perjuangan Ibu? pada pembelajaran menulis puisi bermuatan pendidikan karakter efektif meningkatkan keterampilan menulis puisi.} }