@thesis{thesis, author={Alfiyah Nurul}, title ={PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING KOMBINASI NUMBERED HEAD TOGETHER BERKARAKTER ISLAMI TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA POKOK BAHASAN LINGKARAN}, year={2017}, url={http://repository.unissula.ac.id/10118/}, abstract={Kata Kunci :Student Facilitator and Explaining, Numbered Head Together, Karakter Islami, Kemampuan Komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa terhadap kemampuan komunikasi matematika, mengetahui rata-rata kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang dikenai pembelajaran Student Facilitator and Explaining kombinasiNumbered Head Together berkarakter Islami lebih baik dari siswa yang dikenai pembelajaran Numbered Had Together, serta mengetahui rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa yang menggunakan pembelajaran Student Facilitator and Explaining kombinasiNumbered Head Together berkarakter Islami mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 75. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Sampel penelitian ini diambil dua kelas secara acak yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen (menggunakan pembelajaran Student Facilitator and Explaining kombinasiNumbered Head Together berkarakter Islami) dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol (menggunakan pembelajaran Numbered Head Together). Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan metode tes. Selanjutnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas antara kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk mengetahui bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan berasal dari variansi yang sama atau homogen. Hasil penelitian menunjukkan, aktivitas belajar siswa diperoleh persentase sebesar 75,07%, pada distribusi t diperoleh nilai sig. aktivitas belajar thitung= 8,391 > ttabel = 1,693 dengan probabilitas sig. 0,000 < 0,05. Ini berarti variabel aktivitas belajar siswa mempunyai hubungan linear terhadap kemampuan komunikasi matematika. Pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa Y ?=16,958+0,790X nilai Fhitung = 70,410 > Ftabel = 4,17 dengan probabilitas sig. sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai R square 0,701= 70,1% ini berarti 70,1% variasi yang terjadi di dalam Y dapat dijelaskan oleh X melalui model regresiY ?=16,958+0,790X, sedangkan 29,9% dipengaruhi variabel lain. Rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa pada kelas eksperimen sebesar 76,41, dankelas kontrol sebesar 67,22. Pada kelas eksperimen 71,9% siswa tuntas belajar sesuai dengan batas minimal yang telah ditetapkan yaitu 75. Ini berarti rata-rata hasil belajar siswa mencapai kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran Student facilitator and Explaining kombinasi Numbered head Together berkarakter Islami dikatakan lebih baik dari pada pembelajaran yang hanya menggunakan pembelajaran Numbered Head Together.} }