@thesis{thesis, author={Khariroh Lailatul}, title ={PENINGKATAN KETRAMPILAN MEMBACA NYARING TEKS PERCAKAPAN MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DI KELASV SDN KARANGASEM 01}, year={2017}, url={http://repository.unissula.ac.id/10142/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan bagaimana cara membaca nyaring yang baik dan benar dengan pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan model pembelajaran COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) dikelas V SDN Karangasem 01, kecamatan sayung, kabupaten Demak. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 tahapan siklus. Pada tiap siklusnya terdiri dari 2 petemuan dan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, danrefleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDNKarangasem 01 yang berjumlah 39 orang yang terdiri dari 21 orang perempuan dan 17 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Adanya peningkatan membaca nyaring yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek minat belajar siswa pada tiap siklusnya. Pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata 3, 85 dengan kriteria kurang dalam membaca nyaring. Pada siklus 2 diperoleh rata-rata nilai 4, 44 dengan kriteria membaca nyaring. Adanya peningkatan membaca nyaring siswa yang ditunjukka pada tiapsiklusnya. Pada silus 1dengan persentase 54,6%. Pada siklus 2 dengan persentase 80.13% Berdasarkan hasil penelitian diatasmaka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan membaca nyaring pada siswakelas V SDN Karangasem 01 kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Kata kunci: membaca nyaring, model CIRC} }