@thesis{thesis, author={Ardhi Alfan Wicaksana}, title ={PENINGKATAN KETRAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DI KELAS V SDN KARANGROTO 4 SEMARANG}, year={2017}, url={http://repository.unissula.ac.id/10148/}, abstract={Bedasarkan wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan guru kelas V Bapak Asmui, S.pd di SDN Karangroto 4 pada pelajaran bahasa indonesia walaupun menulis puisi dirasa mudah, tetapi bagi peserta didik kelas V SD Negeri Karangroto 4 Semarang ternyata menulis puisi kurang disukai oleh siswa, hal ini terbukti dari hasil menulis puisi sangat rendah dari 44 siswa kelas V hanya beberapa siswa yang mampu menyelesaikannya, yaitu belum memenuhi KKM yang telah ditentukan. Hanya 41% yang tuntas, menulis puisi bebas, rata rata nilai yang didapat pun hanya 60 yaitu belum memenuhi KKM yang ditentukan 70, yang belum memenuhi KKM 59% dari 44 siswa, Penelitiann ini bertujuan untuk meningkatkann ketrampilan menulis puisi bebas menggunakan model pembelajaran koperatif tipe think talk write di kelas V SDN Karangroto 04 Semarang. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas V SDN Karangroto 4 Semarang yang berjumlah 45 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu teknik tes dan teknik non tes. Adanya peningkatan ketrampilan menulis puisi bebas pada siklus I sebanyak 58% dengan kriteria ketrampilan menulis puisi bebas kurang, sedangkan siklus II bertambah menjadi 87% dengan kriteria ketrampilan menulis puisi bebas siswa sangat baik. Bersumber pada hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkann ketrampilan menulis puisi bebas siswa kelas V SDN Karangroto 04 Semarang.} }