@thesis{thesis, author={Nugroho Bagus Setio}, title ={PENINGKATAN CINTA TANAH AIR DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED PROBLEMS BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS V SDN KEBONSARI 01 DEMPET}, year={2017}, url={http://repository.unissula.ac.id/10154/}, abstract={Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan cinta tanah air dan prestasi belajar IPS melalui model pembelajaran Open Ended Problems berbantuan media AudioVisual dikelas V SDN Kebonsari 01 Dempet. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas(PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, tindakan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Kebonsari 01 Dempet yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dapat melalui teknik tes dan teknik non-tes. Adanya peningkatan cinta tanah air dan prestasi belajar siswa setiap siklusnya. Pada siklus pertama cinta tanah air siswa mendapatkan presentase 62% dengan kriteria baik. Pada siklus kedua cinta tanah air siswa mendapatkan presentase 86% dengan kriteria sangat baik. Pada siklus pertama prestasi belajar siswa mendapatkan presentase 61,90%. Pada siklus kedua prestasi belajar siswa mendapatkan presentase 85,71%. Dari hasil penelitian ini adalah model pembelajaran Open Ended Problems berbantuan media AudioVisual dapat meningkatkan cinta tanah air dan prestasi belajar IPS di kelas V SDN Kebonsari 01 Dempet. Kata Kunci: Cinta Tanah Air, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Open Ended Problems, media Audio Visual} }