@thesis{thesis, author={Mansuron Mansuron}, title ={PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SD NEGERI GENUKSARI 02}, year={2017}, url={http://repository.unissula.ac.id/10194/}, abstract={Penelitian dilaksanakan supaya meningkatkan motivasi maupun prestasi belajar mata pelajaran IPS yang dinilai masih kurang di kelas V SD Negeri Genuksari 02 dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian yang diterapkan yaitu penelitian tindakan kelas, terdiri dari II siklus I siklus dilakukan 2 kali pertemuan dengan subjek kelas V SD Negeri Genuksari 02 tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 44 siswa, terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Peningkatan motivasi dari siklus I yaitu 75% dengan kategori baik, kemudian dilanjutkan dengan siklus II yaitu 91% hal ini menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar menjadi sangat baik. Kemudian pada prestasi belajar dimana pada siklus I mencapai 48% lalu dilanjutkan dengan siklus II memperoleh 86,38% hal ini menunjukan adanya kenaikan siklus I ke siklus II. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan maka disimpulan model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar di kelas V SD Negeri Genuksari 02. Kata Kunci : motivasi belajar, prestasi belajar, model pembelajaran Problem Based Learning} }