@thesis{thesis, author={Wibowo Prasetiyo}, title ={UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS V SD NEGERI SIDALANG 01 TERSONO}, year={2017}, url={http://repository.unissula.ac.id/10204/}, abstract={Tujuan penelitian ini dilaksanakan adalah untuk meningkatkan motivasi serta prestasi belajar pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri Sidalang 01 dengan model pembelajaran VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT). Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas dan terdiri dari II siklus pembelajarn. Pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik tes dan non tes. Pada siklus I SD Negeri Sidalang 01 dengan jumlah siswa 21 yaitu 9 laki-laki dan 12 perempuan. Dari seluruh jumlah siswa kelas V peningkatan persentase motivasi belajar yaitu 70,95 % dan tergolong dalam kriteria baik. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 90,95% dan dalam kategori sangat baik. Kemudian persentase prestasi belajar pada siklus I 57,14% dan silanjutkan pada siklus II dengan persentase 85,71%. Berdasarkan pernyataan tersebut dapat dikatakan bahwa model pembelajaran VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) dapat meningkatkan motivasi serta prestasi belajar IPS di kelas V pada SD Negeri Sidalang 01. Kata Kunci : Motivasi belajar, Prestasi belajar, model pembelajaran VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT)} }