@thesis{thesis, author={Iswari Rizki}, title ={PENGARUH SIKAP KOMUNIKATIF DALAM MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP NILAI BELAJAR IPA KELAS V SDN BANGETAYU WETAN 01}, year={2017}, url={http://repository.unissula.ac.id/10211/}, abstract={Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sikap komunikatif dalam model pembelajaran guided discovery terhadap nilai belajar IPA kelas V SDN Bangetayu Wetan 01 tahun ajaran 2016/2017 Jl. Bangetayu Raya No. 1 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif,dengan menggunakan sampel purposive,dan desain Pre-Eksperimental Designs(nondesign) yaitu One-GroupPretest-Posttest Design. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VB yang berjumlah 48 siswa, sedangkan populasinya adalah siswa kelas VA dan VB SDN Bangetayu Wetan 01 yang berjumlah 95 siswa . Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mengukur nilai belajar pembelajaran, sedangkan teknik non tes terdiri dari observasi yang digunakan untuk mengukur sikap komunikatif dengan menggunakan lembar observasi, analisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Regresi dan Uji T-test Paired semua perhitungan diolah menggunakan progam SPSS versi 16. Sedangkan hasil dari pengaruh sikap komunikatif terhadap nilai, bentuk persamaannya Y= 67.938 + 136 (x) yang berarti semakin tinggi sikap komunikatif dalam model pembelajaran guided discovery secara korlatif dan positif akan meningkat nilai belajarnya, ada pengaruh karena semakin besar nilai x semakin besar pengaruhnya. Untuk uji T-test (paired) yaitu jika nilai Lower bernilai negatif dan Upper bernilai negatif atau Sig. (2-tailed) = 0,000