@thesis{thesis, author={Putri Siska Deviani}, title ={PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKATIF DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR KELAS V SDN KALISARI 3 SAYUNG DEMAK}, year={2017}, url={http://repository.unissula.ac.id/10216/}, abstract={Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus.Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pembahasan dan refleksi.Subyek penelitian adalah siswa kelas Va SDN Kalisari 3 Sayung Demak yang berjumlah 25 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan tes.Adanya peningkatan komunikatif siswa ditunjukan dengan peningkatan indikator komunikatif siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I memperoleh skor sebanyak 789 dengan presentase 78,9% termasuk kriteria komunikatif baik. Pada siklus II memperoleh skor sebanyak 869 dengan persentase 86,9% termasuk kriteria komunikatif sangat baik. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan nilai rata-rata 75,04 dan persentase ketuntasan klasikal 80%. Pada siklus II dengan nilai rata-rata 82,72 dan persentase ketuntasan klasikal 88%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model concept centence berbantuan media gambar dapat meningkatkan komunikatif dan prestasi belajar PKn di kelas Va SDN Kalisari 3 Sayung Demak. Kata Kunci :Komunikatif, Prestasi Belajar, Concept Centence} }