@thesis{thesis, author={Nafiah Siti Choirotun}, title ={PENINGKATAN MINAT DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB MELALUI MODEL GI (GROUP INVESTIGATION) DI KELAS V SD N 2 BERAN BLORA}, year={2017}, url={http://repository.unissula.ac.id/10217/}, abstract={Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan komunikasi matematika melalui model GI (Group Investigation) di kelas V SD Negeri 2 Beran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Beran yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, tes, dan dokumentasi. Adanya peningkatan minat siswa ditunjukan dengan peningkatan indikator minat siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I mendapatkan jumlah skor 2081 dengan presentase 66,1% termasuk kriteria minat siswa baik. Pada siklus II naik menjadi 2765 dengan presentase 87,8% termasuk kriteria minat siswa sangat baik. Selain itu adanya peningkatan komunikasi matematika ditunjukan dengan peningkatan komunikasi matematika dalam setiap siklusnya. Pada siklus I dengan rata-rata 72 dan ketuntasan 57%. Pada siklus II naik menjadi rata-rata 83 dan ketuntasan 89%. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan pembelajaran melalui model GI (Group Investigation) mampu meningkatkan minat dan komunikasi matematika di kelas V SD Negeri 2 Beran. Kata kunci : Minat, Komunikasi Matematika, Model Pembelajaran GI (Group Investigation)} }