@thesis{thesis, author={ROFIATUN SITI}, title ={PENGARUH TANGGUNG JAWAB DALAM PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN PENGAMATAN MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD ISLAM PLUS MUHAJIRIN}, year={2017}, url={http://repository.unissula.ac.id/10218/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tanggung jawab dalam pembelajaran Inkuiri terhadap keterampilan pengamatan mata pelajaran IPA kelas V SD Islam Plus. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan metode Quasi Experimental Design yaitu Nonequivalent Control Group Design yang merupakan suatu kelompok diberi treatment/perlakuan/tindakan (X) yang dipilih tidak secara random, selanjutnya diobservasi hasilnya (O), dan hanya menggunakan satu kelas. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 41 siswa dengan sampel 21 siswa. Data analisis akhir hasil keterampilan pengamatan menggunakan uji normalitas dan uji regresi sederhana. Berdasarkan hal tersebut, maka ditemukan nilai Lmak = 0,7749 > Ltabel 0,300 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak. Berarti ada pengaruh yang signifikan variabel tanggung jawab pembelajaran Inkuiri (X) terhadap variabel keterampilan pengamatan (Y). Kata kunci : Pembelajaran Inkuiri, tanggung jawab dan keterampilan pengamatan} }