@thesis{thesis, author={Yuliani Syukriyah Sitta}, title ={PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS III SDN TAMBAKREJO 02}, year={2017}, url={http://repository.unissula.ac.id/10224/}, abstract={Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mata pelajaran IPA melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas III SDN Tambakrejo 2 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Tambakrejo 02 Semarang yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa siklus I memperoleh persentase 79,12% dengan kriteria baik meningkat pada siklus II dengan memperoleh persentase 89,84% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan prestasi belajar siswa prestasi belajar siswa pada siklus I memperoleh persentase 76,32% dengan kriteria baik meningkat pada siklus II dengan memperoleh persentase 86,84% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan 2 siklus, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas III SDN Tambakrejo 02 Semarang. Kata Kunci : Motivasi, Prestasi Belajar, Model Contextual Teaching and Learning (CTL)} }