@thesis{thesis, author={Nugraheni Tanty}, title ={PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION DI KELAS III SDN 1 KEDUNGSARI}, year={2017}, url={http://repository.unissula.ac.id/10225/}, abstract={Tujuan penelitian ini adalah : untuk meningkatkan kemapuan dalam berpikir kritis dan tanggung jawab belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran attention,relevance,cofidence,satisfaction di kelas III SD N 1 Kedungsari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Pada setiap siklus terdapat 2 kali pertemuan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, obervasi, refleksi.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD N 1 Kedungsari yang berjumlahb 36 siswa. Teknik dalam pengumpilan data menggunakan tes dan observasi. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan tanggung jawab siswa ditunjukkan dengan peningkatan berpikir kritis siswa pada siklus 1 dengan persentase ketuntasan 73,94% meningkat pada siklus 2 dengan persentase ketuntasan 86,33%. Tanggung jawab siswa pada siklus 1 rata-rata indikator sebesar 54,71% dan siklus 2 sebesar 85,43%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahawa model pembelajaran attention, relevance, confidence, satisfaction (ARCS) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan tanggung jawab belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas III SD 1 Kedungsari. Kata Kunci : Kemampuan berpikir kritis, tanggung jawab, model attention, relevabce, confidence, satisfaction (ARCS)} }