@thesis{thesis, author={Widayanti Rini}, title ={PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL TREASURE HUNT BERBANTUAN MEDIA VISUAL DI KELAS V SDN SEMBUNGHARJO 02}, year={2017}, url={http://repository.unissula.ac.id/9529/}, abstract={Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS melalui model Treasure Hunt dengan berbantuan media visual di kelas V SDN sembungharjo 02 Kecamatan Genuk Kota Semarang. Jenis peneltian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas Vb SDN Sembungharjo 02 yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa, dengan menggunakan soal evaluasi yang dilaksanakan diakhir siklus, sedangkan teknik non tes terdiri dari angket yang digunakan untuk mengukur tanggung jawab siswa dengan menggunakan lembar angket, kemudian observasi dengan menggunakan alat pengumpulan data yang berupa lembar observasi aktifitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan untuk hasil angket tanggung jawab siswa pada siklus I memperoleh skor 1.067 dengan rata-rata 71,13% dengan kategori tanggung jawab siswa baik, siklus II memperoleh skor 1.225 dengan nilai rata?rata 81,67%. Prestasi belajar Siklus I rata-rata ketuntasan klasikalnya 60% dan rata-rata 65,76, siklus II rata-rata ketuntasan klasikalnya 92% dan rata-rata 85,28. Simpulan dalam penelitian ini adalah bahwa model Treasure Hunt dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Sembungharjo 02 Semarang. Kata kunci : Tanggung jawab dan Prestasi Belajar IPS, Model Treasure Hunt} }