@thesis{thesis, author={Fajrin Verra Veriyanti}, title ={PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK DAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI CERITA MELALUI METODE PEMBELARAN DEMONSTRASI DI KELAS VSD ISLAM SULTAN AGUNG 3}, year={2017}, url={http://repository.unissula.ac.id/9547/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak dan motivasi belajar materi cerita melalui metode pembelajaran demonstrasi di kelas V SD Islam Sultan Agung 3 Semarang.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V B SD Islam Sultan Agung 3 Semarang yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data mengunakan tes evaluasi, observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menyimak siklus I memperoleh jumlah nilai 2420 dengan nilai rata-rata 71,17 dengan ketuntasan belajar 64,70%. Pada siklus II meningkat dengan jumlah nilai 2980 dengan nilai rata-rata 87,65 dengan ketuntasan belajar 97,06%. Sedangkan motivasi belajar pada siklus I memperoleh jumlah nilai 728 dengan presentase 71,37% dengan kriteria motivasi belajar baik. pada siklus II mengalami peningkatan dengan jumlah nilai 889 dengan presentase 87,16% dan termaksud kriteria motivasi belajar sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan 2 siklus diatas , dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan menyimak dan motivasi belajar pada materi cerita di kelas V SD Islam Sultan Agung 3 Semarang. Kata kunci:Kemampuan Menyimak, Motivasi Belajar, Metode Demonstrasi} }