@thesis{thesis, author={Fatmawati Yasinta}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD N KALISARI 3}, year={2017}, url={http://repository.unissula.ac.id/9549/}, abstract={Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan rata-rata dalam penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan proses pada mata pelajaran IPA di kelas V SD N Kalisari 3, Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif berupa Quasi experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilaksanakan pada bulan November sampai Maret 2017. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes keterampilan proses. Analisis data terdiri atas uji data awal, uji data akhir dan uji hipotesis. Uji data awal dan akhir menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test. Hasil uji data awal dan akhir menunjukkan data normal dan varian homogen. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan bahwa - < (-18,725 < -2,0687) dengan taraf signifikansi 5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan rata-rata dalam penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan proses pada mata pelajaran IPA di kelas V SD N Kalisari 3. Kata kunci: model pembelajaran inkuiri, keterampilan proses} }