@thesis{thesis, author={Maulidah Zulfa}, title ={PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN MEDIA VISUAL KELAS V SDN BANGETAYU KULON}, year={2017}, url={http://repository.unissula.ac.id/9563/}, abstract={Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan rasa ingin tahu dan prestasi belajar PKn melalui model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan media visual kelas V SDN Bangetayu Kulon. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 43 siswa. Teknik penilaian data menggunakan observasi, angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rasa ingin tahu dalam setiap siklusnya. Pada siklus I memperoleh persentase klasikal 79,06% dan pada siklus I kriteria rasa ingin tahu belum memenuhi indikator pencapaian. Pada siklus II meningkat mencapai kriteria sangat baik dengan persentase klasikal 93,01%. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa dilihat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dengan nilai rata-rata 79,02 dengan persentase ketuntasan klasikal 72,09% meningkat ke siklus II dengan nilai rata-rata 88,55 dan persentase ketuntasan klasikal 88,37% berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan media visual dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar Pkn kelas V SDN Bangetayu Kulon. Kata Kunci : Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining} }