@thesis{thesis, author={Aminudin Adib and Devi Nabilla Zatalina}, title ={ANALISIS DAYA DUKUNG PONDASI BORED PILE PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL BAWEN-SALATIGA PAKET 3.1}, year={2017}, url={http://repository.unissula.ac.id/9631/}, abstract={Pondasi merupakan suatu pekerjaan yang sangat penting dalam suatu pekerjaan Teknik Sipil, karena pondasi inilah yang meneruskan suatu beban yang bekerja di atasnya yaitu beban konstruksi atas. Tujuan dari studi ini untuk menghitung data dukung tiang bor dari hasil sondir dan Standar Penetrasi Test (SPT). Kemudian membandingkan hasil daya dukung tiang bor, menghitung kapasitas kelompok ijin tiang dan menghitung penurunan yang terjadi pada tiang bor.metode perhitungan daya dukung untuk data sondir menggunakan metode Aoki & De Alencar dan Meyerhoff , untuk data SPT menggunakan metode Reese & Wright. Berdasarkan data sondir, SPT yang diperoleh dan dihitung dengan beberapa metode diperoleh hasil perhitungan untuk data sondir dengan metode Aoki dan de Alencar titik BW-17 Qult = 969,402 ton, dengan metode Meyerhoff Qult = 3506,017 ton. Untuk data SPT menggunakan metode Reese & Wright perhitungan di titik P3 Qult = 3053,43 ton. Untuk kapasitas kelompok ijin tiang menggunakan metode Coverse-Labarre sebesar 0,665. Untuk penurunan tiang tunggal dihitung menggunakan metode Poulus dan Davis sebesar 46,37 mm, sedangkan untuk tiang kelompok sebesar 8,58 mm. Kata kunci : daya dukung pondasi, penurunan pondasi, pondasi tiang, pondasi Bored Pile} }