@thesis{thesis, author={Hidayah Fajri}, title ={HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN ADVERSITY QUOTIENT PADA MAHASISWA GELAR GANDA DAN REGULER UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG}, year={2017}, url={http://repository.unissula.ac.id/9675/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan adversity quotient dan mengetahui perbedaan adversity quotient antara mahasiswa gelar ganda dan reguler UNISSULA Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 135 mahasiswa, 60 mahasiswa gelar ganda dan 75 mahasiswa reguler angkatan 2014, 2015 dan 2016. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu accidental sampling dan sampling jenuh. Pengambilan data dilakukan dengan skala kecerdasan emosional dan skala adversity quotient. Berdasarkan analisis yang dilakukan menggunakan teknik Product moment dari Pearson diperoleh rxy=0,624 dengan taraf singnifikansi sebesar 0,000 (p<0,01). Hasil perhitungan tersebut menunjukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dan adversity quotient pada mahasiswa gelar ganda dan reguler UNISSULA Semarang. Sumbangan efektif kecerdasan emosional terhadap adversity quotient sebesar 38,9%. Hasil analisis menggunakan teknik independent sample t-test menunjukan bahwa terdapat perbedaan adversity quotient antara mahasiswa gelar ganda dan mahasiswa reguler dengan signifikansi 0,020 (p<0,05) dan nilai t= -2,370. Rata-rata skor adversity quotient mahasiswa gelar ganda yaitu 99.75 dan pada mahasiswa reguler yaitu 95.83. Hasil ini menunjukan bahwa adversity quotient yang dimiliki mahasiswa gelar ganda lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa reguler. Kata kunci: adversity quotient, kecerdasan emosional, gelar ganda.} }