@thesis{thesis, author={Irsyady Farida}, title ={HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL PADA KELAS UNGGULAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KUDUS}, year={2017}, url={http://repository.unissula.ac.id/9676/}, abstract={Penelitian ini bertujan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan penyesuaian sosial pada kelas unggulan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kudus yang berada pada program boarding school. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa yang berada pada kelas unggulan sistem boarding school. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala kecerdasan emosi menggunakan aspek dari Goleman dengan indeks diskriminasi aitem bergerak antara 0,195 sampai 0,635 dan ? = 0,900, skala penyesuaian sosial menggunakan aspek dari Hurlock dengan indeks diskriminasi aitem bergerak antara 0,241 sampai 0,687dan ? = 0,929. Berdasarkan hasil analisis statistik diperoleh nilai rxy = 0,816 dan rsquare= 0,666 dengan taraf siginifikansi p = 0,000 (p < 0,05). Hasil penelitian yang di peroleh menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan penyesuaian sosial di kelas unggulan sitem boarding school. Kata kunci : kecerdasan emosi dan penyesuaian sosial.} }