@thesis{thesis, author={RANE OLTFAZ RABAKHIR}, title ={RANCANG BANGUN SISTEM MANIPULASI (PIGGYBACK) PADA KENDALI INJEKSI SEPEDA MOTOR HONDA PGM-FI}, year={2017}, url={http://repository.unissula.ac.id/9752/}, abstract={Perkembangan teknologi dibidang otomotif khususnya dibidang kelistrikan telah berkembang sangat pesat. Pengabutan dengan sistem konvensional kini telah digantikan dengan sistem injeksi elektronik atau sering disebut EFI. Salah satu jenis sepeda motor yang menggunakan sistem EFI adalah Supra X 125 yang di keluarkan oleh PT. Astra Honda Motor. Walaupun pengkabutan dengan sistem injeksi dari banyak aspek terlihat sangat menguntungkan, namun sistem seperti ini akan menyulitkan dalam hal modifikasi mesin sepeda motor. Piggyback merupakan perangkat pendukung yang bertujuan untuk memanipulasi data yang dikirim dari sensor ke ECU (Engine Control Unit) sehingga data yang diterima oleh ECU sesuai dengan keinginan pengguna. Pada tugas akhir ini dirancang sebuah piggyback untuk sepeda motor, dengan memanipulasi sinyal sensor MAP (Manifold Absolute Pressure) menggunakan Op-Amp (Operational Amplifier) pasokan bahan bakar dapat diatur sesuai kebutuhan. Pengujian dilakukan dengan mengukur durasi penyemprotan bahan bakar pada saat akselerasi, deselerasi dan idle sebelum dan setelah pemasangan piggyback. Dengan menggunakan rangkaian piggyback pasokan bahan bakar dapat diatur menjadi lebih besar maupun menjadi lebih kecil ketika akselerasi, dengan persentase error sebesar 2.285%. Kata Kunci: manipulasi tegangan, MAP, AFR, Kendali Injeksi} }