@thesis{thesis, author={Kurniawan Azhari}, title ={Perancangan Video Sinematik Promosi Desa Wisata Batu Kumbung Lingsar Lombok Barat}, year={2021}, url={http://repository.universitasbumigora.ac.id/1035/}, abstract={Abstrak Nusa Tenggara Barat (disingkat NTB) ialah sebuah provinsi di Indonesia yang berada di bagian barat Kepulauan Nusa Tenggara. Lombok Barat memiliki 10 Kecamatan, salah satunya ialah Kecamatan Lingsar. Kecamatan lingsar merupakan daerah geografis dengan potensi alam yang sangat kaya pada setiap wilayahnya, seperti yang dapat dilihat pada Desa Batu Kumbung. Perancang ingin membuat video sinematik promosi desa wisata Batu Kumbung. untuk di promosikan kepada masyarakat karena Desa Batu kumbung sendiri sebelumnya kurang dikenal oleh masyarakat bahkan oleh masyarakat Lombok. Tujuan video merupakan sebuah media penyampaian informasi dipilih oleh pembuat melalui pesan untuk komunikasi yang bertujuan menyampaikan isi kepada penerima pesan. Video promosi ini ditujukan kepada calon pengunjung dan yang sudah pernah berkunjung ke Desa Wisata Batu Kumbung, dengan tujuan membuat pengunjung agar tertarik berkunjung lagi ke Desa Batu Kumbung. Metode perancangan menggunakan metode pipeline. Metode pipeline itu ialah cara pendekatan untuk menciptakan sebuah audio visual. .Ketika memulai sebuah proyek metode pipeline terbagi menjadi tiga tahapan diantaranya yaitu : Pra produksi, Produksi, dan pasca Produksi. Video Sinematik Promosi Desa Wisata Batu Kumbung dengan tema “Memorable” merupakan sebuah media promosi yang efektif dan komunikatif untuk mengundang perhatian wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara. Video sinematik promosi juga didesain dengan 2 jenis video yang berbeda dan disesuaikan fungsinya, antara lain video teaser untuk mengundang rasa tanya, berdurasi 30 detik, dan yang kedua merupakan versi lengkap berupa video sinematik promosi berdurasi 5 menit. Kata Kunci : Desa Wisata, Video, Sinematografi, Promosi.} }