@thesis{thesis, author={Syafitri Sriayu Ainun}, title ={Pengelompokan Data Pelanggan Indihome Menggunakan Metode K-Means Berbasis Web}, year={2021}, url={http://repository.universitasbumigora.ac.id/1039/}, abstract={Rekonsiliasi merupakan kegiatan mencocokkan data di setiap akhir periode yang di lakukan PT.Telkom Akses (PT. TA) dengan mitra PT. TA. Data rekon dihitung menggunakan Microsoft excel yang menyebabkan data rekon tidak tersimpan pada dua belah pihak sehingga mengakibatkan permasalahan pada mitra dimana mitra tidak dapat menagihkan data-data yang belum bisa ditagihkan pada periode berikutnya. Maka dari itu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut dengan melakukan pengelompokan data pelanggan indihome menggunakan metode K-Means berbasis web untuk dapat memudahkan berjalannya rekon dengan mitra Telkom Akses. Tujuan dilakukannya pengelompokan agar dapat mengetahui kelompok pelanggan yang masuk kedalam tagihan dan kelompok pelanggan yang tidak masuk kedalam tagihan. Metode yang digunakan dalam membuat aplikasi menggunakan metode K-Means dengan atribut RFM dimana pada umumnya data pelanggan memiliki data transaksi dengan banyak atribut sehingga digunakan Metode RFM untuk mengidentifikasi prilaku pelanggan dan mempresentasikan karakteristik pelanggan kedalam tiga atribut. Serta metodologi yang digunakan yaitu metodologi waterfall. Hasil yang dicapai dalam proses pembuatan aplikasi ini yaitu sebuah web yang dapat memudahkan admin mitra dalam melakukan rekonsiliasi agar data yang terdapat di aplikasi dapat menjadi sebuah data yang permanen dan dapat menjadi acuan pada rekon selanjutnya sehingga tidak ada keluhan dari masing-masing mitra. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode K-Means dan RFM dapat di implementasikan untuk melakukan pengelompokan data pelanggan indihome,menjadi dua cluster yaitu cluster 1 data pelanggan yang dapat ditagihkan bulan ini dan cluster 2 data pelanggan yang tidak dapat ditagihkan pada bulan berjalannya rekonsiliasi.} }