@thesis{thesis, author={muhammad SABILIL HAQQ}, title ={PENGENALAN TARI KREASI SASAMBO SANGGAR SENI MAHARDIKA BERBASIS AUGMENTED REALITY}, year={2021}, url={http://repository.universitasbumigora.ac.id/1056/}, abstract={Tari Kreasi SASAMBO adalah tarian kreasi terbaru yang memadukan antara tradisi dan modern dan tentu saja berbeda dengan tarian SASAMBO yang sudah ada terlebih dahulu. Tari kreasi SASAMBO ini masih terdengar asing oleh masyarakat atau khalayak ramai dikarenakan kurangnya media promosi pada sekolah nonformal ini dalam mempromosikan tari ciptaannya. Oleh karena itu penulis membuat sebuah aplikasi tarian 3D berbasis Augmented Reality yang nantinya akan di pergunakan oleh Sanggar Seni Mahardika NTB sebagai media bantu dalam mempromosikan Tari Kreasi SASAMBO. Metodologi yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah metode pengembangan Luther Sutopo. Dimana metode ini terdiri dari 6 (Enam) tahap yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Untuk pembuatan rancangan ini menggunakan software Blender, Adobe Illustrator, Unity 3D, dan Vuforia SDK. Aplikasi Pengenalan Tarian Kreasi SASAMBO berbasis Augmented Reality ini penulis lakukan melalui media sosial seperti Whatssap dan sosial media lainnya yang penulis lakukan bersama Ketua Sanggar dan Koreografer atau pencipta Tari Kreasi SASAMBO. Dari Ketua Sanggar dan Pencipta Tari Kreasi SASAMBO meneruskan sekaligus mempromosikan aplikasi tersebut di atas kepada para siswanya yang dilanjutkan ke teman-teman sekitar yang dapat membantu promosi tari tersebut melalui aplikasi di atas. Hasil yang dikeluarkan dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi yang dapat menampilkan objek Tarian 3D sebagai media promosi berbasis Augmented Reality, di mana diharapkan dapat membantu para pengguna untuk mengenal Tari Kreasi SASAMBO pada Sanggar Seni Mahardika. Adapun uji coba perhitungan menggunakan Skala Likert sebagai acuan dalam memperoleh hasil uji coba responden dengan mengambil sampel 32 responden dalam melakukan pengujian aplikasi. Hasil nilai yang didapatkan dari perhitungan adalah 88%, maka dapat disimpulkan bahwa dari 32 responden yang melakukan pengisian kuisioner “SANGAT SETUJU” dengan adanya aplikasi ini yang nantinya akan dijadikan sebagai media tontonan atau pelajaran untuk kalangan umum. Kata Kunci : Tari, AR, Blender, 3D} }