@thesis{thesis, author={JULITA ANGGRAINI}, title ={AUGMENTED REALITY TERUMBU KARANG DI PULAU LOMBOK SEBAGAI MEDIA INFORMASI PELESTARIAN EKOSISTEM LAUT}, year={2020}, url={http://repository.universitasbumigora.ac.id/255/}, abstract={Terumbu karang Indonesia memiliki keanekaragaman hayati tertinggi di dunia, lebih dari 2.500 jenis ikan, 590 jenis karang batu, 2.500 jenis moluska, dan 1.500 jenis udang-udangan. Sampai saat ini, telah tercatat 1 lebih dari 750 jenis karang yang termasuk ke dalam 75 marga terdapat di Indonesia. Metodologi yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah metode pengembangan Luther Sutopo. Dimana metode ini terdiri dari 6 (Enam) tahap yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Dengan metodolgi tersebut, terdapat hasil (output) yaitu sebuah aplikasi android dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality untuk menampilkan animasi 3D terumbu karang. Berdasarkan hasil kuisioner yang telah disebarkan kepada beberapa responden, bahwa aplikasi Augmented Reality Terumbu Karang di Pulau Lombok Sebagai Media Informasi Pelestarian Ekosistem Laut dapat membantu memperkenalkan terumbu karang dan bentuk kerusakannya. Dibuktikan dengan beberapa pengujian yang telah penulis lakukan terhadap aplikasi dan calon pengguna aplikasi.} }