@thesis{thesis, author={Azmi Ulul}, title ={Perancangan Video Traveling Promosi Wisata Pantai Telawas Di Kabupaten Lombok Tengah}, year={2021}, url={http://repository.universitasbumigora.ac.id/979/}, abstract={Abstrak Wisata Lombok sudah menjadi daya tarik tersendiri baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Pulau Lombok juga terkenal akan keindahan pantai dan keragaman biota laut. Salah satu objek wisata yang bisa ditemukan dan dinikmati di pulau Lombok, yaitu Pantai Telawas yang berlokasi di dekat pantai Selong Belanak, desa Mekarsari, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Namun Pantai Telawas tidak begitu dikenal, karena lokasinya yang cukup juah dari Pusat Kota Praya dan juga kses menuju ke lokasi wisata yang tidak semulus objek wisata bahari lainnya, Sehingga potensi Pantai Telawas tidak tersorot dengan tepat. Kondisi inilah yang membuat penulis tertarik menciptakan suatu perancangan video promosi Pantai Telawas untuk dapat memperkenalkan dan menginformasikan mengenai tempat berwisata baru. Perancangan video promosi Pantai Telawas ini dilakukan dengan media audio visual dalam bentuk video traveling. Promosi dengan media audio visual merupakan pemilihan media promosi yang efektif dibandingkan dengan media promosi lainnya seperti media cetak. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode Design Thingking, Design Thingking sendiri memiliki 5 tahapan, yaitu Emphatize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Untuk pengujian/ test karya akhir ini penulis memilih media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube dan salah satu pengurus Pantai Telawas untuk mempromosikan Pantai Telawas dan penulis juga menggunakan kuesioner. Dari hasil 45 sampel responden kuesioner bisa dijadikan referensi bagi mahasiswa yang akan mengangkat video promosi wisata. Kata Kunci : Pantai, Lombok, Telawas, Video, Promosi Abstract Lombok tourism has become a special attraction for both local and foreign tourists. Lombok Island is also famous for the beauty of the beach and the diversity of marine life. One of the attractions that can be found and enjoyed on the island of Lombok, namely Telawas Beach located near Selong Belanak beach, Mekarsari village, West Praya Subdistrict, Central Lombok, West Nusa Tenggara. But Telawas Beach is not so well known, because the location is quite juah from Praya City Center and also kses to tourist sites that are not as smooth as other marine attractions, so the potential of Telawas Beach is not highlighted appropriately. This condition is what makes the author interested in creating a design of a promotional video telawas beach to be able to introduce and inform about new travel places. The design of this Telawas Beach promotional video is done with audio visual media in the form of traveling videos. Promotion with audio visual media is the selection of effective promotional media compared to other promotional media such as print media. The method used in this design is the Design Thingking method, Design Thingking itself has 5 stages, namely Emphatize, Define, Ideate, Prototype, and Test. For testing this final work, the author chose social media such as Facebook, Instagram, Youtube and one of the managers of Telawas Beach to promote Telawas Beach and the author also used questionnaires. From the results of 45 samples of questionnaire respondents can be used as a reference for students who will lift the tour promotion video. Keywords: Beach, Lombok, Telawas, Video, Promotion} }