@thesis{thesis, author={DHEA ALIFIYYAH NINGRUM .}, title ={PERMAINAN PUZZLE DALAM MINIATUR RUMAH ADAT BETAWI}, year={2020}, url={http://repository.unj.ac.id/10010/}, abstract={Penciptaan Karya Seni rupa berupa desain produk bertujuan untuk memberikan alternatif permainan puzzle 3D bertema rumah tradisional Indonesia. Tujuan diciptakannya suatu karya seni ini adalah untuk mengenalkan bangunan tradisional beserta informasi mengenai filosofi rumah tersebut dan mengembangkan motorik bagi anak. Permainan ini untuk usia tujuh tahun keatas dan dapat dimainkan sendiri maupun berkelompok. Puzzle 3D rumah Betawi ini terdiri atas permainan menyusun rangka bangunan pada pola yang ada, buku mewarnai rumah Betawi dan buku saku tentang latar belakang rumah tersebut. Penelitian produk dilakukan di beberapa tempat (TMII, Setu Babakan dan Lembaga Kebudayaan Betawi) dan melakukan wawancara dari berbagai narasumber untuk menemukan informasi secara valid. studi produk dilakukan saat produk selesai dibuat untuk menguji kelayakan produk. Puzzle terdiri dari tiga model rumah adat Betawi yaitu rumah Bapang, rumah Gudang dan rumah Joglo. Selain puzzle 3D produk ini juga membuat buku saku yang berisi tentang detail ragam hias atau corak serta filosofi yang terkandung di rumah Betawi itu sendiri. Uji coba produk dilakukan di SDN Johar Baru 03 Pagi untuk mengetahui kualitas produk tersebut. Kata Kunci: Puzzle 3D, Rumah Betawi, Desain Produk.} }