@thesis{thesis, author={DAARIIN ULAYYA .}, title ={PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP RESILIENSI PADA GURU SMA DI DKI JAKARTA}, year={2020}, url={http://repository.unj.ac.id/10027/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang diberikan oleh dukungan sosial terhadap resiliensi pada guru SMA di Wilayah DKI Jakarta. Hipotesis yang dirumuskan pada penelitian ini adalah adanya pengaruh dukungan sosial terhadap resiliensi pada guru SMA di Wilayah DKI Jakarta. Pada penelitian ini diketahui bahwa semakin besar dukungan sosial yang diterima, maka akan semakin besar tingkatan resiliensi yang dimiliki guru. Sebaliknya, semakin rendah dukungan sosial yang diterima, maka akan semakin rendah tingkatan resiliensi yang dimiliki guru. Pada penelitian ini melibatkan 142 responden yakni guru SMA yang aktif mengajar di SMA Negeri (SMAN) yang berstatus PNS dan Honorer dari 6 wilayah representatif DKI Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini ada quota sampling. Metode dalam penelitian ini menggunakan skala atau instrumen dukungan sosial The Multidimensional Scale of Perceived Social Support yang disusun oleh Zimet., et al (1988) dan instrumen resiliensi Connor-Davidson Resilience Scale yang disusun oleh Connor dan Davidson (2003). Untuk membuktikan hipotesis yang sudah dirumuskan, peneliti menggunakan uji analisis regresi sederhana dengan signifikansi 5%. Teknik ini digunakan untuk melihat seberapa besar pengaruh yang diberikan variabel dukungan sosial terhadap variabel resiliensi. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai t hitung sebesar 5.260 > t tabel 1.976 yang dapat diartikan terdapat pengaruh yang diberikan oleh dukungan sosial terhadap resiliensi sebesar 16,5% dan presentase sisanya yakni 83,5% dari faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. This aim of this research is identifying the effect between social support and resilience in a sample of High School Teachers at DKI Jakarta Region (DKI Jakarta). Researcher formulates the hypothesis that there is an effect between social support and resilience in High School Teachers at DKI Jakarta Region (DKI Jakarta). In this study, it is known that greater social support the teacher received could impact a greater resilience the teacher has. Otherwise, the lower social support the teacher received, the lower resilience the teacher has. In this study, researcher involved 142 respondents namely High School Teacher who are actively teaching in state high school (SMAN) within servant civil and honoraries status from 6 representative areas at DKI Jakarta. Researcher chose quota sampling technique as the sampling technique. The method in this study were using social support scale from The Multidimentional Scale of Perceived Social Support by Zimet., et al (1988) and resilience scale from Connor-Davidson Resilience Scale by Connor and Davison (2003). In order to prove the hypothesis, researcher used a simple regression analysis test with 5% of significance. This technique is used to see how much the social support influence the resilience variable. The result in this study has shown that T value > T table, 5,260 > 1,976 which can be interpreted that there is an influence from social support to resilience in amount of 16,5% and remaining percentage 83,5% of other factors that have not been examined.} }