@thesis{thesis, author={CHRISTINA OKTAVIANI .}, title ={Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Inggris Berbasis Pendekatan Whole Language untuk Siswa Kelas IV SD (Penelitian dan Pengembangan di SDN Menteng Atas 01 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan)}, year={2016}, url={http://repository.unj.ac.id/1004/}, abstract={Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar bahasa Inggris untuk kelas IV sekolah dasar berjudul Seasons An Easy English Book for Elementary School Students Grade 4. Bahan ajar yang dihasilkan difokuskan dengan tema Seasons. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan mengacu pada model pengembangan Borg dan Gall. Penelitian ini melibatkan siswa kelas empat SDN Menteng Atas 01 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan sebanyak 23 orang. Penelitian ini menggunakan lembar penilaian dan wawancara oleh responden dengan tahapan uji coba ahli, uji lapangan awal, uji lapangan utama, dan uji lapangan operasional. Hasil penelitian pada uji coba ahli memperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 97,33%. Selanjutnya, uji lapangan utama memperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 96% dan uji lapangan operasional mendapat hasil rata-rata keseluruhan sebesar 95,57%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Inggris Berbasis Pendekatan Whole Language menunjukkan hasil dengan kriteria sangat baik.} }