@thesis{thesis, author={DINI SUKMAYANTI .}, title ={PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SDN DUREN JAYA 04 BEKASI TIMUR}, year={2016}, url={http://repository.unj.ac.id/1022/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis laporan melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas V SDN Duren Jaya 04 Bekasi Timur. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Duren Jaya 04 yang berjumlah 30 orang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan model yang dikemukakan oleh Kemmis & McTaggart. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus melalui tahap perencanaan, tindakan atau pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, tes, membuat catatan lapangan, dan dokumentasi melalui foto. Teknik pengumpulan data tersebut digunakan pada setiap siklusnya guna mengetahui peningkatan kemampuan menulis laporan pengamatan siswa serta keefektifan pembelajaran melalui pendekatan kontekstual. Pada siklus I, siswa yang mendapat nilai ? 70 mencapai 56,67%, sedangkan pada siklus II mencapai 83,33%. Berdasarkan hasil tersebut terdapat perbedaan hasil yang dicapai di siklus pertama dan kedua. Hasil tersebut juga menunjukkan bahwa kemampuan menulis siswa meningkat sebesar 26, 67%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan implikasi hasil penelitian bahwa penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan menulis laporan siswa kelas V SDN Duren Jaya 04 Bekasi Timur.} }