@thesis{thesis, author={DEVI ELZA TARULI .}, title ={MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PAKEM PADA SISWA KELAS V SDN CIPINANG MELAYU 010 PAGI JAKARTA TIMUR}, year={2015}, url={http://repository.unj.ac.id/1032/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model PAKEM pada siswa kelas V. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Cipinang Melayu 010 Pagi Jakarta Timur yang berjumlah 40 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Adapun prosedur penelitiannya merupakan siklus yang meliputi perencanaan (plan), tindakan (action), observasi (obeserve), dan refleksi (reflect). Pada siklus I, siswa yang mendapat nilai ? 70 mencapai 55%, sedangkan pada siklus II mencapai 90% dari jumlah siswa. Sedangkan hasil pengamatan aktivitas guru dan siswa melalui model PAKEM pada siklus I mencapai 70,8% dan mengalami peningkatan menjadi 89,55% pada siklus II. Hasil tersebut menunjukkan bahwa model PAKEM dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V SDN Cipinang Melayu 010 Pagi Jakarta Timur. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan siswa sehingga dapat merancang kegiatan yang bervariasi dengan model PAKEM untuk dapat mengembangkan hasil belajar siswa.} }