@thesis{thesis, author={DIAN KUSUMAH WARDHANI .}, title ={MENINGKATKAN MINAT MEMBACA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN BUKU POP UP (PenelitianTindakan Kelas di TK Tiara School, Pondok Kelapa, Duren Sawit Jakarta Timur)}, year={2015}, url={http://repository.unj.ac.id/1052/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan membaca buku dengan penggunaan buku Pop Up. Penelitian ini dilaksanakan di TK Tiara School, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur. Subjek penelitian adalah anak kelompok A yang berjumlah 8 orang anak. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Tagart. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Penelitian dilakukan dengan menerapkan kegiatan membaca buku dengan menggunakan media buku Pop Up. Diharapkan dengan kegiatan membaca buku dengan media buku Pop Up dapat meningkatkan minat membaca anak. Berdasarkan hasil penelitian secara kuantifikasi prosentase minat membaca anak pra penelitian sebesar 41% dan siklus 1 sebesar 86%. Secara analisis kualitatif minat membaca anak mengalami peningkatan yaitu anak mampu menunjukkan rasa menyayangi buku dengan tidak merobek dan merusak buku, anak mampu memilih buku yang disukainya, anak memegang, membuka dan membolak balik buku, anak menunjukkan keinginan untuk selalu membaca, anak melakukan kegiatan membaca buku setiap hari, anak menunjukkan rasa ingin tahu yang tinggi terhadap buku bacaan, anak mampu menjawab pertanyaan dengan baik, dan anak mampu menceritakan kembali apa yang anak lihat di dalam buku. Hasil dua analisis tersebut menunjukkan bahwa kegiatan membaca dengan menggunakan media buku Pop Up dapat meningkatkan minat membaca anak kelompok A di TK Tiara School, Pondok Kelapa, Duren Sawit Jakarta Timur. Oleh sebab itu guru diharapkan dapat mengunakan kegiatan membaca buku dengan media buku Pop Up pada kegiatan pembelajaran dengan berbagai variasi kegiatan. Selain itu guru juga sebaiknya memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan gagasan dan pendapat anak terdapat suatu kegiatan serta memotivasi anak ketika mampu mengerjakan kegiatan.} }