@thesis{thesis, author={AFIFAH RATNA DEWI .}, title ={PENGEMBANGAN PELATIHAN METODE SON RISE UNTUK TERAPIS ANAK AUTIS DI DRISANA CENTER}, year={2020}, url={http://repository.unj.ac.id/10681/}, abstract={ABSTRAK Penelitian pengembangan yang berjudul ?Pengembangan Pelatihan Metode Son Rise untuk Terapis Anak Autis di Drisana Center? bertujuan untuk menghasilkan suatu rancangan dan bahan ajar berupa kurikulum dan modul pelatihan yang dapat membantu Drisana Center dalam mengembangkan pelatihan terapi metode son rise dimana terapi ini merupakan program unggulan dari Drisana Center. Berdasarkan metode yang digunakan, penelitian ini termasuk dalam metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model yang digunakan yaitu Model Pengembangan Instruksional (MPI) oleh M. Atwi Suparman. Prosedur pengembangan dilakukan melalui delapan langkah yang ada dalam Model Pengembangan Instruksional (MPI). Hasil penelitian berupa kurikulum dan contoh bahan instruksional berupa modul. Responden yang terlibat untuk mengevaluasi produk diantaranya, ahli materi instruksional, ahli desain instruksional, ahli media instruksional dan pengguna produk. Nilai yang didapat pada tahap evaluasi formatif oleh ahli materi instruksional adalah 3,19, ahli desain instruksional adalah 3,26, ahli media instruksional adalah 3,06, dan pengguna produk (Terapis) adalah 3,32. Hasil penilaian ini digunakan untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan. Kata Kunci: Pengembangan, Pelatihan, Son Rise, Model Pengembangan Instruksional (MPI). The research development entitled ?Son Rise Method Training Development for Autistic Chid Therapist at Drisana Center? aims to produce a design and learning materials in the form of curriculum and training module that can help Drisana Center in developing a training of son rise method which is the featured therapy from Drisana Center. Based on the method of this research included in the research and development method (Research and Development). The model used is the Instructional Development Method (MPI) by M. Atwi Suparman. The development procedure is carried out through the eight steps in the Instructional Development Model (MPI). The result of this research is produced a curriculum and example of instructional materials in the form of module. Respondents involved in evaluating products included learning design expert, learning material expert and instructional media expert. The score obtained from this formative evaluation phase is 3,19 from Material Expert, 3,26 from Learning Design Expert, 3,06 from Media Expert, and 3,32 from user (Therapist). The asessment result are used to improve the quality of the product produced. Keywords: Development, Training, Son Rise Method, MPI Model.} }