@thesis{thesis, author={ELLISA YUNSERA PARASIANA PURBA .}, title ={HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANGTUA DENGAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN}, year={2020}, url={http://repository.unj.ac.id/10772/}, abstract={ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui data secara empiris tentang hubungan komunikasi interpersonal orangtua dengan kepercayaan diri anak 5-6 tahun. Penelitian ini dilakukan di TK Kuntum Melati I, TK Kuntum Melati II, TK Kemas Kelurahan Bojong Rawalumbu, Bekasi dan dilaksanakan pada bulan Juni 2020 terhadap 30 anak sebagai sampel dan 30 orangtua sebagai sampel. Penelitian menggunakan metode pendekatan korelasional untuk mengetahui ada tidaknya hubungan komunikasi interpersonal orangtua (X) dan kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun (Y). Adapun sampel dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di Kelurahan Bojong Rawalumbu, Bekasi, komunikasi interpersonal sebagai proses menyampaikan makna secara langsung kepada anak yang menerima pesan yang disampaikan. komunikasi interpersonal orangtua sebagai salah satu peranana penting terhadap tumbuh kembang anak dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam hal kepercayaan dirinnya. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis penelitian yang menggunakkan rumus uji-t diperoleh uji t. Jika thitung > ttabel, maka koefisien korelasi signifikan dan Ho ditolak. Dalam hal ini, untuk n=30 dengan taraf signifikan ? = 0,05, diketahui bahwa ttabel = 1,697. Berdasarkan perhitungan rumus uji t, diperoleh thitung = 3,89. Hal ini berarti thitung (3,89) > ttabel (1,697), maka koefisien korelasi signifikan dan H0 (hipotesis nol) ditolak, sehingga dapat dinyatakan bahwa komunikasi interpersonal orangtua dengan kepercayaan diri anak terdapat hubungan yang signifikan. Penelitian ini hipotesis yang diajukan adalah Ha bahwa terdapat hubungan yang positif komunikasi interpersonal orangtua dengan kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun di PAUD Kelurahan Bojong Rawalumbu, Bekasi. Ini berarti hipotesis (Ha) yang diajukan dalam penelitian ini diterima dan sebaliknya hipotesis (H0) ditolak Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal orangtua, Kepercayaan diri, Anak usia 5-6 Tahun. ABSTRACT The purpose of this research is know the data empiricaly about parents interpersonal communication relationship with self-confident of children 5-6 years olds. This research was conducted in TK Kuntum Melati I, TK Kuntum Melati II, TK Kemas Kelurahan Bojong Rawalumbu, Bekasi and the research sample is child 5-6 years olds as many as 30 children. This study uses a correlational approach to determine whether there is a relationship between parents' interpersonal communication (X) and self-confidence of children aged 5-6 years (Y). Parents interpersonal communication and children influence their personality. Interpersonal communication as a process of conveying meaning directly to child who receives the message conveyed. Parents interpersonal communication plays an important role in the development of children in everyday life especially in terms of self-confidence. Based on the results of testing the research hypothesis using the t-test formula, the t test was obtained, if thitung > ttabel, then the correlation coefficient is significant and ho is rejected, in this case, for n=30 with significant level ? = 0.05, it is known that t table = 1.697. Based on the calculation of the t test formula, obtained t = 3.89. This means that tcount (3.89)> ttable (1.697), then the correlation coefficient significant and H0 (hipotesis nol) is rejected, the conclusion is there parents interpersonal communication with self-confident of children there is significant relationship. This hypothesis is (Ha) that there is a positive relationship between parents interpersonal communication and the self-confidence of children 5-6 years olds in TK Bojong Rawalumbu,Bekasi. The conclusion (Ha) proposed in this study is accepted and otherwise (Ho) Keywords: Parents Interpersonal Communicaton, Self-confident, 5-6 years olds.} }