@thesis{thesis, author={RIZZKE KURNIA MARCHELINDA .}, title ={PENGEMBANGAN PERMAINAN MENGGIRING BOLA MENGGUNAKAN TONGKAT (GIBOMENKAT) UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN GERAK MANIPULATIF ANAK USIA 4-5 TAHUN}, year={2020}, url={http://repository.unj.ac.id/10783/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengembangkan permainan menggiring bola menggukan tongkat (GIBOMENKAT) untuk menstimulasi kemampuan gerak manipulatif anak usia 4-5 tahun, (2) Menstimulasi motorik kasar anak usia 4-5 tahun pada gerak Manipulatif, (3) Mempermudah guru atau orang tua pada proses pembelajaran motorik kasar anak. Media permainan mempunyai peran penting dalam pendidikan anak usia dini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di lingkungan Cinangka, Sawangan Depok. Subjek penelitian ini adalah ahli materi dan ahli media sebagai validator dan 4 orang anak berusia 4-5 tahun. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran yang disebut Permainan Menggiring Bola Menggunakan Tongkat (GIBOMENKAT). Berdasarkan uji validitas dengan ahli materi, media permainan Menggiring Bola Menggunakan Tongkat (GIBOMENKAT) dikategorikan sangat valid dengan tingkat validitas 81,81%. Berdasarkan uji validitas dengan ahli media, media permainan Menggiring Bola Menggunakan Tongkat (GIBOMENKAT) dikategorikan sangat valid dengan tingakat validitas 90%. Berdasarkan hasi uji coba pada anak, media permainan Menggiring Bola Menggunakan Tongkat (GIBOMENKAT) sangat valid dengan tingkat validitas 92,5%. Berdasarkan hasil penelitian, media permainan GIBOMENKAT dapat dikatakan sangat valid dan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran anak usia 4-5 tahun. Kata Kunci : Gerak Manipulatif, Motorik Kasar, Permainan Menggiring Bola Menggunakan Tongkat (GIBOMENKAT), Anak Usia 4-5 Tahun. This research aims to : (1) develop a game of playing a ball to play a game to develop a game of playing ball stick (GIBOMENKAT) to stimulate the manipulative ability of children aged 4-5 years, (2) Stimulate gross motor skills of children aged 4-5 years on manipulative motion, (3) Facilitate the teacher or parent in the process of gross motor learning of children. Media play an important role in early childhood education. This research was Research and Development (R&D) with the ADDIE development model. This research was conducted in the Cinangka environment, Sawangan Depok. The subjects of this study were material experts and media experts as validators and 4 children aged 4-5 years. The object of this research is a learning medium called the Ball Dribbling Game Using a Stick (GIBOMENKAT). Based on the validity test with material experts, the game media Dribbling Using a Stick (GIBOMENKAT) is categorized very valid with a validity level of 81,81%. Based on the validity test with media experts, the game media Dribbling Using a Stick (GIBOMENKAT) is categorized as very valid with a validity level of 90%. Based on the results of trials on children, the media of the game Dribbling Using a Stick (GIBOMENKAT) is very valid with a validity level of 92,5%. Based on research results, GIBOMENKAT game media can be said to be very valid and very feasible to be used as learning media for children aged 4-5 years. Keywords : Manipulative Motion, Gross Motor Skills, Ball Dribbling Using a Stick (GIBOMENKAT), Children 4-5 Years.} }