@thesis{thesis, author={FRISKA AVIYATI LESTARI .}, title ={PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN OREINTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING MELALUI INOVASI PRODUK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA KEDAI KOPI DI JAKARTA}, year={2020}, url={http://repository.unj.ac.id/9880/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Keunggulan Bersaing, secara langsung maupun dengan variabel mediasi. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan terhitung sejak bulan Oktober 2019 hingga Maret 2020. Dengan pedekatan kuantitatif, penelitian ini melibatkan 80 responden sebagai sampel dari populasi yang nonprobabilitas. Pada penelitian ini mengunakan alat hitung berupa Smart PLS 3.0. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan diberikan kepada responden yaitu pemilik kedai kopi di Jakarta. Berdasarkan hasil analisis uji Outer dan Inner model penelitian tersebut diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara orientasi pasar dengan inovasi produk, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara orientasi kewirausahaan dengan inovasi produk, inovasi produk dengan keunggulan bersaing, orientasi pasar dengan keunggulan bersaing, orientasi kewirausahaan dengan keunggulan bersaing. Seluruh hipotesis ini dibuktikan dengan nilai t-statistik > 0,7 dan p-value <0,005. Hal ini serupa dengan hubungan yang sifatnya mediasi, bahwa terbukti orientasi pasar dan oreintasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing melalui inovasi produk. Meskipun demikin pengaruh langsung akan lebih berdampak kuat dibandingkan dengan pengaruh secara mediasi. Saran bagi penelitian selanjutnya yaitu dengan menyederhanakan populasi sehingga generalisasi penelitian akan lebih valid dan efektif dan efisien saat dilakukan. Kata kunci: Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing. This study aims to determine and analyze the effect of market orientation and entrepreneurial orientation on competitive advantage, either directly or by mediating variables. This research was conducted for 6 months from October 2019 to March 2020. With a quantitative approach, this study involved 80 respondents as a sample from a non-probability population. In this study, using a calculation tool in the form of Smart PLS 3.0. Data were collected using a questionnaire and given to respondents, namely coffee shop owners in Jakarta. Based on the results of the Outer and Inner test analysis of the research model, it is found that there is a positive and significant influence between market orientation and product innovation. There is a positive and significant influence between entrepreneurial orientation and product innovation, product innovation with competitive advantage, market orientation with competitive advantage, entrepreneurial orientation with competitive advantage. All of these hypotheses are proven by the t-statistic value> 0.7 and p-value <0.005. This is similar to the mediating relationship, where it is proven that market orientation and entrepreneurial orientation have a positive and significant effect on competitive advantage through product innovation. Even so, the direct influence will have a stronger impact than the mediation effect. Suggestions for further research are to simplify the population so that the generalization of the research will be more valid and effective and efficient when carried out. Keywords: Market Orientation, Entrepreneurship Orientation, Product Innovation, Competitive Advantage.} }