@thesis{thesis, author={ROZIAH ROZIAH}, title ={Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Dan Numbered Heads Together Di Kelas VIII SMP}, year={2019}, url={http://repository.unja.ac.id/10168/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki kemampuan berbeda-beda dan guru masih menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match dan Numbered Heads Together di kelas VIII SMP pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode desain True Eksperimental dengan tipe desain posstest only control desain. Sampel yang diteliti sebanyak 58 siswa yang terdiri dari 29 siswa kelas eksperimen I dan 29 siswa kelas eksperimen II. Setelah diterapkannya model pembelajaran Make A Match, siswa mencari pasangan sambil mempelajari suatu konsep atau topik tertentu dalam suasana yang menyenangkan terdapat aktivitas siswa dalam belajar meningkat, siswa mau mengemukakan pendapat, siswa berani bertanya serta dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Begitupun dengan model pembelajaran Numbered Heads Together, masing-masing siswa diberi nomor untuk mengkomunikasikan idenya masing-masing dan setiap siswa mempunyai kesempatan yang sama untuk mengkomunikasikan idenya, sehingga melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) ini kemampuan matematika siswa dapat meningkat. Dari hasil penelitian diperoleh hasil yaitu t_itung >t_tabel dengan t_itung adalah 1,7602 dan t_tabel adalah 1,67252, berdasarkan rata-rata kelas eksperimen I memiliki rata-rata skor tes 81,75, sedangkan kelas eksperimen II memiliki rata-rata skor tes 78,93 sehingga rata-rata kedua kelas sampel berbeda,. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model Make A match dan model numbered heads together di kelas VIII SMP.} }